Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA

Mardani, Meri Aulia (2020) Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MERI_AULIA_MARDANI_16035021_3551_2020.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) merupakan media pembelajaran yang berguna sebagai latihan untuk memperkuat pemahaman hukum-hukum dasar kimia peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Chemmon menjadi media pembelajaran kimia terhadap hukum-hukum dasar kimia dan menentukan tingkat validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu define, design, develop dan disseminate yang dibatasi pada tahap develop dengan pengujian validitas dan praktikalitas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi dan angket praktikalitas. Validasi dilakukan oleh lima orang validator. Sementara itu, praktikalitas dilakukan oleh 20 orang peserta didik kelas XII dan dua orang guru kimia. Teknik analisa data validitas menggunakan indeks aiken V dan praktikalitas menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas media memiliki indeks Aiken V dengan kategori valid dan sedang. Untuk hasil uji kepraktisan momen kappa (k) media sebesar 0,78 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian permainan chemmon dikatakan valid dan sedang serta praktis sebagai media pembelajaran kimia untuk mempelajari hukum-hukum dasar kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item View Item