Pengaruh Inisiator dan Surfaktan pada Polimerisasi Asam Tanat sebagai Zat Warna Terhadap Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC)

Susanti, Melly (2020) Pengaruh Inisiator dan Surfaktan pada Polimerisasi Asam Tanat sebagai Zat Warna Terhadap Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_MELLY_SUSANTI_16036042_1584_2020.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Dye sensitized solar cell (DSSC) merupakan sel surya berbasis fotoelektrokimia yang melibatkan transfer muatan listrik dari suatu fasa ke fasa lain. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat DSSC (Dye Sensitized Solar Cell), mengetahui nilai konversi energi surya menjadi energi listrik dan menentukan nilai efisiensi yang dihasilkan. Pada penelitian ini digunakan TiO2-Degusa P-25 yang dilapiskan pada kaca ITO bagian konduktifnya melalaui teknik doctor blande. Zat penyerap foton pada penelitian ini digunakan dye dari asam tanat yang telah dipolimerisasi. Hasi karakterisasi dengan FTIR pada zat warna (dye) mempunyai pita serapan yang kuat pada bilang gelombang 1050 nm yang menunjukkan adanya gugus fungsi eter. Selain itu, ketika rangkaian DSSC disinari oleh lampu UV 24 watt akan menghasilkan sifat listrik seperti hambatan dan tegangan yang diukur dengan alat multimeter digital. Variasi inisiator dan surfaktan dapat mempengaruhi efisiensis DSSC yang dihasilkan. Efisiensi tertinggi dihasilkan pada konsentrasi inisiator 0,5 M dan massa surfaktan 16 gram yaitu sebesar 7,145 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31267

Actions (login required)

View Item View Item