Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA

Hadilka, Meilia Larasani (2020) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MEILIA_LARASANI_HADILKA_16035120_3507_2020.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang berpengaruh dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran akan menumbuhkan keinginan belajar siswa, membantu siswa dalam mengingat materi pembelajaran, dan membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi sifat keperiodikan unsur kelas X SMA/MA untuk membantu memahami konsep dengan bantuan pertanyaan prompting. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define, Design, Develop(tahap validasi dan praktikitas), dan Disseminate (tidak dilakukan). Instumen penelitian berupa lembar validasi dan lembar praktikalitas. Hasil analisis lembar validitas dengan formula Aiken’s V menunjukkan skor rata-rata yaitu 0.90. Hasil analisis lembar validitas menggunakan Lawshe’s CVR dengan indeks validitas konten (CVI) yaitu 1. Hasil analisis lembar praktikalitas guru sebesar 93% dan hasil analisis lembar praktikalitas siswa sebesar 91%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi sifat keperiodikan unsur sudah valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item