Pengembangan instrument tes higher order thiking skill (HOTS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk siswa SMA/MA

Khaira, Maynitul (2020) Pengembangan instrument tes higher order thiking skill (HOTS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MAYNITUL_KHAIRA_16035119_3590_2020.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menyatukan tiga konsep dalam proses pembelajaran yaitu :menyeimbangkan sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan paradigma pembangunan abad ke 21. Dimana beberapa kompetensi abad ke-21 dirumukan dalam 4C yaitu : 1. critical thinking, 2. creativity, 3. coloboration, dan 4. communication. Dengan memenuhi ke 4 kompetensi tersebut, bertujuan siswa siap menyambut abad ke-21 dan mampu membekali dirinya untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk siswa SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary Reseach, Prototyping Stage dan Assasment Phase. Instrumen tesdi validasi oleh 5 orang ahli yaitu 5 orang dosen kimia FMIPA UNP dengan menggunakan angket validasi. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 6 dan uji lapangan dilakukan oleh 20 siswa. Teknik analisis data validitas konten menggunakan Lawshe’s CVR dan validitas konstruk menggunakan moment kappa. Hasil penelitian menunjukan instrumen yang dikembangkan memiliki karakteristik yang baik dari segi validitas logis dengan indeks validitas konten (CVI) sebesar 1 dan validitas konstruk sebesar 0,83. Instrumen teshigher order thiking skill (HOTS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit memiliki indeks kesukaran 63% dengan katergori sedang sehingga soal tersebut dapat dikerjakan pada seluruh kalangan. Aanalisis daya pembeda menujukan 6 soal menunjukan daya pembeda sangat baik, 3 butir soal yang memiliki kualitas daya pembeda baik, 15 butir soal yang memiliki kualitas daya pembeda sedang Dan 3 soal yang memiliki daya pembeda jelak.Kualitas pengecoh pada setiap butir soal yang terdapat dalam instrumen tes dapat berfungsi dengan baik. Fungsi diksator pada seluruh butir soal efektif. Data yang diperoleh menunjukan bahwa instrumen teshigher order thinking skill (HOTS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk siswa SMA/MA sudah valid dan memiliki kualitas item yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:11
Last Modified: 27 Apr 2021 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item View Item