Meta Analisis Pengaruh Contextual Teaching And Learning dalam Mata Pelajaran Fisika dan IPA terhadap Hasil Belajar Siswa

Insani, Lyra Tri (2020) Meta Analisis Pengaruh Contextual Teaching And Learning dalam Mata Pelajaran Fisika dan IPA terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_LYRA_TRI_INSANI_16033116_3656_2020.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Pelajaran Fisika dan IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Abad 21 berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran sudah memasuki era yang moderen. Kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi menjadi kompetensi penting dalam memasuki kehidupan abad 21. Kondisi nyata yang ditemukan di lapangan adalah hasil belajar siswa rendah, tingkat berpikir siswa rendah dan adanya miskonsepsi saat pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan saat pembelajaran, yaitu CTL. Oleh karena itu perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai CTL. Jenis penelitian yang dilakukan adalah meta-analisis. Meta analisis adalah penelitian yang dilakukan peneliti dengan cara merangkum data penelitian, mereview dan menganalisis data penelitian dari beberapa hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya. Langkah-langkah meta analisis yaitu melakukan tinjauan pustaka, mengumpulkan data, mempelajari dan menilai artikel, menganalisis dan menafsirkan artikel dan menyusun hasil laporan. Kriteria artikel yang digunakan yaitu harus terdapat data statistik yang diperlukan. Dari analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil penelitian ini. Pertama, penggunaan CTL memberikan pengaruh yang berarti pada jenjang pendidikan SMA dibandingkan pada jenjang pendidikan SMP dan SD. Kedua, penggunaan CTL memberikan pengaruh yang berarti pada materi hukum newton dengan efek rata-rata 4,32. Ketiga, penggunaan CTL memberikan pengaruh yang berarti pada hasil belajar siswa pada jenjang pendidikan SMA dengan efek ratarata 1,44.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:11
Last Modified: 27 Apr 2021 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31263

Actions (login required)

View Item View Item