Studi Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Hukum Newton Gravitasi dan Usaha Energi Menggunakan Media Video Pembelajaran dengan PowerPoint Berbasis CTL di SMA Adabiah 2 Padang

Oktavia, Lusi (2020) Studi Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Hukum Newton Gravitasi dan Usaha Energi Menggunakan Media Video Pembelajaran dengan PowerPoint Berbasis CTL di SMA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_LUSI_OKTAVIA_16033017_2923_2020.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran berupa video pembelajaran dan PowerPoint pada saat ini sudah banyak dikembangkan. Para peneliti terdahulu mengatakan bahwa kedua media tersebut bagus digunakan untuk pelajaran Fisika, namun diantara kedua media tersebut belum diketahui mana yang bagus digunakan untuk materi Hukum Newton gravitasi, Usaha, dan Energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan video pembelajaran dan PowerPoint berbasis CTL pada materi Hukum Newton gravitasi dan Usaha Energi kelas X SMA Adabiah 2 Padang. Desain penelitian eksperimen semu adalah Random Posttest only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penilaian berupa lembaran tes hasil belajar dan lembaran observasi untuk aspek sikap. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan kelas yang menggunakan PowerPoint berbasis CTL lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan video pembelajaran berbasis CTL dengan uji statistik t didapatkan t 2,1009hitung dan t 2,0032 . Rata-ratatabel hasil belajar pada aspek sikap, nilai rata-rata kelas PowerPoint lebih tinggi dibandingkan kelas video pembelajaran dengan t 2,1147hitung . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik menggunakan video pembelajaran dan PowerPoint berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada peserta didik kelas X IPA SMA Adabiah 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:11
Last Modified: 27 Apr 2021 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31262

Actions (login required)

View Item View Item