Uji Aktifitas Pseudomonad Fluoresen dalam Menghasilkan IAA Serta Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Kecambah Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.)

Suwarni, Lilis (2020) Uji Aktifitas Pseudomonad Fluoresen dalam Menghasilkan IAA Serta Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Kecambah Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_LILIS_SUWARNI_16032030_2023_2020.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Indole Acetic Acid (IAA) merupakan bentuk alami hormon auksin yang yang terdapat dalam tanaman dan mempengaruhi cepatnya pertumbuhan serta perkembangan tanaman. IAA berfungsi untuk mengatur dan mempengaruhi berbagai proses seluler dan fisiologis termasuk pembelahan sel, pembesaran sel, diferensiasi sel, pematangan buah, dormansi biji, perkecambahan biji, penuaan, absisi daun dan konduktasi stomata. Disamping tanaman, bakteri pseudomonad fluoresen mampu mengahasilkan IAA. Perbanyakan cabai rawit menggunakan biji. Kulit biji yang keras dapat menghambat perkecambahan.. Perkecambahan biji dapat dipercepat dengan perlakuan agen hayati pseudomonad fluoresen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pseudomoad fluoresen menghasilkan IAA dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan kecambah benih cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Isolat yang digunakan LAHLS1, LAHT1, LAHCS2, PfPb3 dan kontrol. Data kemampuan pseudomonad fluoresen dalam menghasilkan IAA dianalisis secara deskriptif dan data kemampuan isolat pseudomonad fluoresen untuk mempercepat perkecambahan benih cabai rawit dianalisis menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji lanjut DNMRT dengan taraf nyata 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa isolat pseudomonad fluoresen mampu menghasilkan IAA dan pemberian isolat pseudomonad fluoresen tidak berpengaruh pada panjang akar dan berat basah, namun berpengaruh nyata terhadap daya kecambah dan berat berat kering kecambah cabai rawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:11
Last Modified: 27 Apr 2021 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31261

Actions (login required)

View Item View Item