Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis

Fadhilah, Lia (2020) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_LIA_FADHILAH_16231033_2389_2020.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir secara tepat, terarah, serta beralasan dalam pengambilan keputusan yang dapat diterima. Kemampuan berpikir kritis ini sangat penting dalam pemecahan masalah, penyelidikan serta penemuan suatu konsep. Kemampuan berpikir kritis ini tergolong ke dalam ranah kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan berpikir kritis siswa melalui penggunaan model Discovery Learning berbasis etnosains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan analisis deskriptif serta berbantukan meta analisis sederhana. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu jurnal ilmiah seperti artikel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan teknik analisis data berupa analisis isi/konten (content analysis). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan bahan-bahan penelitian, membaca bahan- bahan penelitian/kepustakaan, membuat catatan penelitian, mengolah catatan penelitian. Pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis etnosains dapat memunculkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa SMA lebih besar dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis etnosians.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:11
Last Modified: 27 Apr 2021 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31259

Actions (login required)

View Item View Item