Perancangan Asesmen Literasi Kimia pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA/MA

Anthonio, Laura Gevanny (2020) Perancangan Asesmen Literasi Kimia pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_LAURA_GEVANNY_ANTHONIO_15035004_1623_2020.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Perancangan asesmen literasi kimia dilakukan pada materi larutan penyangga (KD 3.12) kelas XI.karena masih terbatasnya soal-soal literasi kimia sehingga kurangnya kemampuan peserta didik dalam menjawab soal-soal literasi kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan tahapan perancangan instrumen soal dengan menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER) serta untuk mendeskripsikan nilai validitas konten asesmen literasi kimia pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan, dengan menggunakan desain penelitian Model of Educational Reconstruction (MER). MER terdiri dari 3 tahapan, yaitu: (1) analisis struktur konten, (2) studi empiris, (3) pengembangan evaluasi instruksi. Klarifikasi instrumen tes dilakukan kepada 3 orang jugment expert untuk melakukan pengujian validasi konten. Instrumen yang digunakan berupa draf instrumen tes. Berdasarkan penelitian, dihasilkan draft instrumen soal literasi kimia pada materi larutan penyangga sebanyak 10 butir soal dengan nilai validasi menggunakan skala Aikens’V sebanyak 1.03 dengan kategori “valid”. Sehingga penelitian ini dapat diuji cobakan ke sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:04
Last Modified: 26 Apr 2021 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31257

Actions (login required)

View Item View Item