Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP Menggunakan Analisis Faktor

Candra, Jedi Priwahyu (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_JEDI_PRIWAHYU_CANDRA_16037023_2810_2020.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

WaktupenyelesaianmatakuliahTugasAkhirmenurutketentuan yang berlaku dalam kurikulumUNPadalah satusemester (6 bulan), banyak mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP yang mengalami keterlambatan dalam penyelesaian Tugas Akhir. Banyaknya faktor yang mempengaruhi keterlambatan penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP oleh karena itu, perlu dicari faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP. Salah satu analisis statisik yang dapat menerangkan hubungan antara sejumlah faktor yang saling ketergantungan adalah analisis faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi DIII FMIPA UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP angkatan 2014-2016 yang mengalami keterlambatan dalam penyelesaianTugas Akhir sebanyak 89 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik voluntary sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 14 pernyataan dengan skala likert. Penelitian ini dimulai dengan mentransformasikan data, kemudian dicari rata-rata pervariabelnya serta dianalisis dengan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP terdiri dari tiga faktor, yaitu Faktor pribadi yang terdiri dari gangguan kesehatan fisik, membaca jurnal dan artikel, kemampuan terhadap bahasa asing, kemampuan teknik menulis karya ilmiah, kemampuan penggunaan bahasa yang baik dan benar, kelengkapan buku diperpustakaan dan ruang belajar.Faktor non akademik yang terdiri dari gangguan mental, fasilitas internet dan organisasi kemahasiswaan dan Faktor dosen pembimbing yang terdiri dari kesulitan menemui dosen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:04
Last Modified: 26 Apr 2021 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31254

Actions (login required)

View Item View Item