Efektivitas Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Teknik Probing dan Prompting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA

Maulani, Ismi (2020) Efektivitas Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Teknik Probing dan Prompting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ISMI_MAULANI_16035017_2089_2020.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan modul reaksi reduks dan oksidasi berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMAN 7 Padang dan SMAN 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas modul reaksi reduksi dan oksidas berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan modul reaksi redoks berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan bahan ajar yang disediakan sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest-posttest berjumlah 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis (uji t), dan uji efektifitas (uji N-gain). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul reaksi redoks berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 7 Padang dan SMAN 1 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:54
Last Modified: 26 Apr 2021 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31253

Actions (login required)

View Item View Item