Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Fluida Bermuatan Literasi Baru untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiska Siswa Kelas XI SMA

Annisa, N (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Fluida Bermuatan Literasi Baru untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiska Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ANNISA _N_16033006_804_2020.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia dituntut untuk memiliki wawasan luas, berpikir kritis, dan memiliki literasi untuk mengahadapi perkembangan pendidikan abad ke-21. Kurikulum 2013 diciptakan untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 dan bertujuan agar pola pikir serta penguasaan literasi siswa meningkat. Kegiatan literasi hams diintegrasikan dalam pembelajaran fisika pada kurikulum 2013. Namun, kenyataan di sekolah, pengintegrasian literasi siswa belum baik. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan LKS Fisika bermuatan literasi barn. Tujuan dari penelitian adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan efektivitas terhadap penggunaan LKS Fisika bermuatan literasi barn. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek penelitian ini adalah LKS Fisika bermuatan literasi barn. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil penilaian validasi, hasil penilaian kepraktisan, dan hasil penilaian efektivitas. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk validasi dan kepratisan produk serta analisis uji t berkolerasi untuk efektivitas. Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, validitas dari LKS Fisika bermuatan literasi barn materi fluida adalah baik sekali dengan nilai rata-rata sebesar 81,15. Kedua, kepraktisan penggunaan LKS Fisika bermuatan literasi barn materi fluida adalah baik sekali dengan nilai rata-rata menurut guru dan siswa masing-masing sebesar 85,50 dan 86,79. Ketiga, penggunaan LKS Fisika bermuatan literasi barn materi fluida adalah efektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS Fisika bermuatan literasi barn materi fluida untuk siswa SMA kelas XI adalah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:54
Last Modified: 26 Apr 2021 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31252

Actions (login required)

View Item View Item