Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Yang Belajar Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Gusranda, Farid (2021) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Yang Belajar Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FARID_GUSRANDA_16035011_248_2020.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Kesetimbangan Kimia di SMAN 9 Padang masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena karakteristik materi tersebut dianggap sulit serta membutuhkan pemahaman konsep materi sebelumnya. Salah satu cara untuk meningkatkan basil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang disarankan Kurikulum 2013 diantaranya Model Inkuiri Terbimbing. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa model Inkuiri Terbimbing mampu meningkatkan basil belajar peserta didik pada materi Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menggambarkan apakah basil belajar yang meningkat tersebut dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan populasi penelitian yaitu Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Padang. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih siswa kelas XI IPA 4. Instrumen penilaian berupa soal tes diagnostik berupa pilihan ganda beralasan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Data yang diperoleh dinalisis berdasarkan pedomanan penilaian atau rubrik yang telah dibuat kemudian diinterpretasikan sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori Kritis sebesar 50% dan persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dengan skor > 7 5% pada tahapan linguistik, skematik, algoritmik dan strategi berturut-turut yaitu 94%, 91 %, 84% dan 91 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa basil belajar siswa yang meningkat menggunakan model Inkuiri Terbimbing dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:54
Last Modified: 26 Apr 2021 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item View Item