Pengembangan Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VIII SMP

Harahap, Ismi Azzahra (2020) Pengembangan Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ISMI_AZZAHRA_HARAHAP_16031008_2672_2020.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan dalam kurikulum 2013 menekankan pada partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran dengan menjadikan peserta didik sebagai subjek. Penerapan peran peserta didik sebagai subjek belajar dapat dimaksimalkan dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah adalah buku yang diperuntukkan bagi peserta didik dan Lembar Kerja Peserta Didik. Analisis yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa buk yang diperuntukkan bagi peserta didik dan Lembar Kerja Peserta Didik memiliki kelemahan yaitu penampilan yang tidak menarik minat peserta didik dan tidak disertai dengan ilustrasi yang juga kurang menarik. Kelemahan ini kemudian dijadikan acuan untuk mengembangkan booklet sistem pernapasan manusia sebagai suplemen bahan ajar IPA kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Plomp. Tahap penelitian terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui angket investigasi awal, angket evaluasi diri sendiri, angket uji validitas, dan angket uji satu-satu. Penelitian ini dibatasi hanya pada tahap pengembangan atau pembuatan prototipe yaitu uji satu-satu. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.Booklet ini divalidasi oleh dua validator.Uji satu-satu dilakukan dengan tiga orang peserta didik dengan kemampuan akademik berbeda untuk memberikan pendapatnya terhadap booklet. Hasil yang diperoleh adalah booklet memiliki nilai validitas 89,56% dengan jabaran 91,25% pada aspek kelayakan isi, 88,00% pada aspek kebahasaan, 84,00% pada aspek penyajian, dan 95,00% pada aspek kegrafikan. Hasil uji one to one pada booklet menyatakan bahwa seluruh kompoen booklet sudah menarik, gambar sudah jelas, dan bahasansudah mudah dipahami. Kesimpulan yang diperoleh adalahbooklet memiliki kriteria yang sangat valid dan sangat cocok digunakan sebagai suplemen bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:54
Last Modified: 26 Apr 2021 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31250

Actions (login required)

View Item View Item