Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Guided Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia

Fajriati, Winda (2021) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Guided Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WINDA_FAJRIATI_16035093_294_2020.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Materi kesetimbangan kimia tergolong materi yang sulit bagi peserta didik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar peserta didik yang rendah di SMAN 9 Padang, disebabkan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh kurikulum 2013 adalah Guided Discovery Learning. Model GDL menerapkan pendekatan saintifik, sehingga diharapkan mampu memunculkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan model Guided Discovery Learning. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara acak, sehingga kelas XI IPA 1 sebagai kelas penelitian. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik hasil belajar dengan tipe objektif beralasan dan esai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu: ( 1) Tidak Kritis sebesar 23%; (2) Kurang Kritis sebesar 17%; (3) Cukup Kritis sebesar 7%; (4) Kritis sebesar 5 3 %, sedangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dilihat dari hasil belajar dan tiap-tiap kemampuan pemecahan masalah dengan persentase sebagai berikut: 93% hasil belajar peserta didik dengan skor >75, 100 % peserta didik memiliki kemampuan linguistik yang tinggi, 97% peserta didik memiliki kemampuan skematik yang tinggi, 87% peserta didik memiliki kemampuan algoritmik yang tinggi dan 93% peserta didik memiliki kemampuan strategik yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:53
Last Modified: 26 Apr 2021 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31247

Actions (login required)

View Item View Item