Struktur dan Unsur Teks Cerpen karya Siswa Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang

Yolanda, Via (2021) Struktur dan Unsur Teks Cerpen karya Siswa Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_VIA_YOLANDA_17016082_694_2021.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksaan penelitian ini ada dua, yaitu ( 1) mendeskripsikan struktur teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang, dan (2) mendeskripsikan unsur teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah struktur dan unsur teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini, adalah teori mengenai teks cerpen, yakni (a) hakikat teks cerpen, (b) struktur teks cerpen, dan (c) unsur teks cerpen. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripti£ Data dalam penelitian ini adalah struktur dan unsur pembangun teks cerpen yang diambil dari sumber data. Sumber data tersebut berupa teks-teks cerpen yang diperoleh dari sumber penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tugas teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Teknik penganalisan data dalam penelitian ini ada lima, yaitu ( 1) mengidentifikasikan data sesuai dengan teori struktur dan unsur teks cerpen, (2) mengklasifikasikan data sesuai dengan teori yang menjadi acuan, (3) menganalisis data dengan mencatat kalimat-kalimat yang berhubungan dengan struktur dan unsur teks cerpen, (4) menginterpretasikan data yang sudah dianalisis, ( 5) menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teks-teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang lebih dominan dibangun atas lima struktur, yaitu abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, dan resolusi. Hal itu dapat diartikan bahwa teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang belum ideal karena tidak menggunakan struktur teks yang kompleks. Teks-teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang cenderung menggunakan alur maju walaupun ada satu teks cerpen yang menggunakan alur mundur. Dari dua jenis penokohan teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang cenderung menggunakan sifat protagonis daripada antagonis. Latar waktu, tempat, dan suasana pada teks-teks cerpen karya siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 15 Padang sudah sesuai dengan teori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:52
Last Modified: 26 Apr 2021 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31236

Actions (login required)

View Item View Item