Citra Perempuan dalam Novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer dan Implikasinya dalam Pembelajaran Memahami Teks Novel Kelas XII SMA

Putra, Tri Novian (2021) Citra Perempuan dalam Novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer dan Implikasinya dalam Pembelajaran Memahami Teks Novel Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TRI_NOVIAN_PUTRA_16016041_900_2021.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer, ditinjau dari dua aspek, yaitu citra perempuan dan implikasinya dalam pembelajaran memahami teks novel kelas XII SMA. Citra merupakan gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai sebuah pribadi, bermakna bahwa kepribadian seseorang dapat dilihat melalui tindakan, ucapan, cara bergaul, berpakaian, dan pola pikir yang ia kembangkan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ia hadapi baik yang berat maupun yang ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif berdasarkan analisis isi. Objek penelitian ini adalah novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak, yaitu membaca dan memahami novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer, menandai bagian-bagian khusus tentang citra perempuan, dan menginventarisasikan data mengenai data citra perempuan di dalam novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer dengan menggunakan format. Analisis data dilakukan dengan (1) menganalisis data citra perempuan dengan menggunakan format, (2) menginterpretasi data, yaitu menafsirkan data yang telah terkumpul, (3) mengklasifikasi implikasi citra perempuan dalam pembelajaran memahami teks novel kelas XII SMA, (4) menarik kesimpulan dan ( 5) menulis laporan. Dua aspek dari tujuan penelitian ini menunjukkan hasil bahwa ( 1) citra perempuan sebagai pribadi, yaitu perempuan yang memiliki ciri keindahan, perempuan yang memiliki keteguhan hati, dan perempuan yang memiliki keberanian. Citra perempuan sebagai anggota masyarakat yaitu, perempuan sebagai anak, perempuan sebagai ibu, perempuan sebagai pembantu, perempuan sebagai nenek, perempuan sebagai aktris bintang film, dan perempuan sebagai pejuang. (2) implikasi citra perempuan dari hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi siswa maupun pendidik dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yaitu pada KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel terutama dalam kegiatan menemukan isi unsur intrinsik dan ekstrinsik terkhusus pada bagian penokohan dalam novel. Baik itu novel yang peneliti jadikan objek penelitian ini maupun novel-novel lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:52
Last Modified: 26 Apr 2021 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31235

Actions (login required)

View Item View Item