Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran Untuk Memfasilitasi Terlaksananya Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Kelas XII Semester 2".

Putri, Bella Sukma (2021) Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran Untuk Memfasilitasi Terlaksananya Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Kelas XII Semester 2". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_BELLA_SUKMA_PUTRI_16033088_517_2020.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Perkembangan pendidikan di Indonesia bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas. salah satu cara pemerintah untuk mencapainya yaitu menyempumakan kurikulum itu sendiri mulai dari KBK hingga saat ini kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memacu menggunakan pendekatan saintifik yang salah satunya dapat menerapkan keterampilan proses sains Keterampilan Proses sains (KPS) merupakan keterampilan yang di gunakan dalam penyelidikan ilmiah yang dapat memfasilitasi peserta didik menemukan fakta, konsep serta dapat menerapkan teori dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penunjang keterampilan proses sains yaitu buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran merupakan sumber belajar utama dalam proses pembelajaran. Penggunaan buku teks pelajaran di sumatera barat sangat bervariasi. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan sajian KPS pada buku teks pelajaran yang digunakan disekolah menengah atas di Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan populasi seluruh buku teks pelajaran fisika untuk Kelas XII semester 2 yang diterbitkan diindonesia dan digunakan di sekolah menegah atas di Sumatra Barat. Sampel penelitian ini adalah empat buku teks pelajaran Fisika yang paling banyak digunakan di sekolah menengah atas di Sumatera Barat dan tiga diantaranya direkomendasikan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan.Buku teks pelajaran terdapat materi relativitas khusus, teori kuantum, teknologi digital, fisika inti dan sumber energi. Instrumen yang digunakan sudah divalidasi oleh 3 orang ahli. Pada ahli pertama didapatkan skor 0,98% dikategorikan sangat valid, pada ahli kedua didapatkan skor 0,96% dikategorikan sangat valid, dan pada ahli kegita didapatkan skor sebesar 0,85% dikategorikan sangat valid. Instrumen KPS memiliki 10 komponen dan didefinisikan pada setiap indikator menjadi 37 butir-butir instrumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis sajian buku teks pelajaran fisika SMA kelas XII semester 2 didapatkan Hasil bahwa buku teks pelajaran fisika yang ditulis oleh Muhammad Farchani Rosyid, dkk dan diterbitkan oleh Tiga serangkai pada tahun 2016 memiliki tingkatan sajian KPS paling tinggi, sedangkan buku teks pelajaran fisika yang ditulis oleh Marthen Kanginan dan diterbitkan oleh Erlangga pada tahun 2017 memiliki tingkatan sajian KPS yang paling terendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:52
Last Modified: 26 Apr 2021 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31232

Actions (login required)

View Item View Item