PengembanganInstrumen Tes Berbasis Higher OrderThinking Skill (HOTS) padaMateri Hidrolisis Garam untuk Siswa SMA/MA

Muchlis, Intan Permata (2020) PengembanganInstrumen Tes Berbasis Higher OrderThinking Skill (HOTS) padaMateri Hidrolisis Garam untuk Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_INTAN_PERMATA_MUCHLIS_ 16035113_2355_2020.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Revisi terbaru dalam kurikulum 2013 difokuskan pada standar isi dan standar penilaian. Penyempurnaan standar penilaian dilakukan dengan mengadaptasi model-model penilaian standar internasional yang diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan keterampikan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada materi hidrolisis garam untuk siswa SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary Reseach, Prototyping Stage dan Assasment Phase. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi, lembar wawancara dan tes. Instrumen tesdi validasi oleh 7 orangmenggunakanangketvalidasi. Ujicobakelompokkecildilakukanoleh 6 siswa danujilapangandilakukanoleh 26 siswa. Teknikanalisis data validitas logis yaitu validitaskontenmenggunakanLawshe’s CVR danvaliditaskonstrukmenggunakan moment kappa. Kualitas tes dianalisis dengan software ANATES versi 4.0.9. Hasilpenelitianmenunjukaninstrumen yang dikembangkanmemilikikarakteristik yang baikdarisegivaliditaslogisdenganindeksvaliditaskonten (CVI) sebesar 0,841 danvaliditaskonstruksebesar 0,82. Reliabilitassebesar 0,89 dengankategorisangattinggi. Analisisdayapembedamenunjukan16 butir soal memiliki kualitas daya pembeda sangat baik, 4 butir soal memiliki kualitas daya pembeda baik, 4 butir soal memiliki kualitas daya pembeda sedang. Indekskesukaran 88% soalberkategorikansedang. Korelasiskorbutirdenganskor total yang signifikansebanyak 21 butir. Fungsidiksatorpadaseluruhbutirsoalefektif. Data yang diperolehmenunjukanbahwainstrumen tes berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada materi hidrolisis garam untuk siswa SMA/MAsudah valid danmemilikikualitas item yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:52
Last Modified: 26 Apr 2021 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31230

Actions (login required)

View Item View Item