Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Kelas XI SMA/MA

Sari, Pepi Mardiana (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_PEPI_MARDIANA_SARI_15035039_372_2020.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Materi hidrolisis garam adalah materi pembelajaran untuk kelas XI SMA semester 2. Materi ini merupakan salah satu materi kimia yang cukup sulit dipahami dan mempunyai beberapa karakteristik, salah satunya bersifat kompleks dan abstrak yang dapat menimbulkan kesulitan pada siswa untuk memahami konsep-konsep yang terdapat dalam materi tersebut. Penerapan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk LKPD berbasis problem based learning dan menguji tingkat validitas dan praktikalitas dari bahan ajar yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan pendidikan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp. Model Plomp ini terdiri dari 3 tahap utama, yaitu: ( 1) preliminary research (tahap investigasi awal), (2) development or prototyping stage (tahap pengembangan atau pembentukan prototipe), dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahan ajar yang dihasilkan memiliki nilai rata-rata validitas sebesar 0,90 dengan kategori kevalidan sangat tinggi, sedangkan tingkat kepraktisan dari LKPD memiliki nilai momen kappa 0,86 dengan kategori kepraktisan yang sangat tinggi berdasarkan angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil (small group). Sedangkan untuk angket respon peserta didik pada uji lapangan (field test) memiliki kategori kepraktisan yang sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,81. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi Hidrolisis Garam yang dihasilkan mempunyai kategori kevalidan sangat tinggi dan kepraktisan yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:52
Last Modified: 26 Apr 2021 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31228

Actions (login required)

View Item View Item