Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Minyak Bumi

Dwynda, Indra (2020) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Minyak Bumi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_INDRA_DWYNDA_16035016_1587_2020.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Pendidikan 4.0 mengedepankan keterampilan 4C, critical thinking, creativity, communication and colaboration. Hal tersebut dapat direalisasikan dengan pembelajaran terintegrasi STEM-PjBL. Berlandaskan karakteristik fakta, konsep, prinsip dan prosedur, materi yang dapat menggunakan STEM-PjBL yaitu Minyak Bumi. Berdasarkan angket sebanyak 68% peserta didik tertarik dengan materi Minyak Bumi, namun sebanyak 57% pesrta didik pada bagian menjelaskan fraksi-fraksi minyak bumi dan teknik pemisahannya merasa kurang memahami. Pembelajaran materi Minyak Bumi menggunakan bahan ajar berupa buku teks, power point dan LKPD. Dimana 55% peserta didik merasa terbantu dengan penggunaan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning (STEM-PjBL) pada materi Minyak Bumi dan menentukan validitasnya. Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan model 4-D yangtersusun atas define, design, develop, dan disseminate (tidak dilaksanakan). Penelitian dibatasi hingga uji validitas dengan instrumen validitas sebagai alat ukur. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan analisis data hasil penelitian dengan formula kappa Cohen. Berdasarkan analisis didapatkan data, LKPD terhasilmemiliki validitas kelayakan isi sangat tinggi untuk diuji cobakan berdasarkan kelayakan isi, komponen kebahasaan, dan komponen penyajian serta komponen kegrafikan secara berurut yaitu 0,847; 0,889; 0,879; 0,846. Disimpulkan bahwa secara keseluruhan LKPD terhasil memiliki validitas sangat tinggi untuk diuji cobakan dengan nilai kappa 0,865.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:26
Last Modified: 23 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31226

Actions (login required)

View Item View Item