Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Virus Kelas X SMA Adabiah Padang

Sastra, Elsa (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Virus Kelas X SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELSA_SASTRA_15031065_297_2020.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMA Adabiah Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dan belum menggunakan model pembelajaran yang bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer bermuatan literasi sains pada materi Virus di SMA Adabiah Padang. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Aktif tipe Giving Question and Getting Answer bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Virus di SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Adabiah Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih kelas X IPA.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapat pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung 7,90 > ttabetl,67 dan pada kompetensi keterampilan thitung 3,65 > 1,67 ttabel• Pada kompetensi sikap kelas eksperimen didapatkan 86% kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol 81 % kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Virus di SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:26
Last Modified: 23 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31225

Actions (login required)

View Item View Item