Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Soal-soal Tipe HOTS untuk Kelas XI SMA/MA

Handayani, Sri (2021) Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Soal-soal Tipe HOTS untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SRI_HANDAYANI_15035044_414_2020.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2018 menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered), yaitu siswa dapat belajar secara aktif dan mandiri untuk menemukan pengetahuannya sendiri, serta belajar dengan pola berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal-soal tipe HOTS serta menentukan kategori validitas dan praktikalitas dari modul yang telah dikembangkan. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping phase) dan penilaian (assessment phase). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas modul. Modul divalidasi oleh 5 orang validator yaitu 2 orang dosen kimia FMIP A UNP dan 3 orang guru kimia SMAN8 Padang. Praktikalitas modul ditentukan dengan memberikan angket kepada 2 orang guru kimia dan 63 orang siswa kelas XII MIP A SMAN 8 Padang. Data yang didapatkan dianalisis dengan formula Kappa Cohen. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai momen kappa (k) validitas, praktikalitas dari respon guru dan praktikalitas dari respon siswa berturut-turut adalah 0,90, 0,93, dan 0,84. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:26
Last Modified: 23 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item View Item