Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Sari, Indah Permata (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_INDAH_PERMATA_SARI_16031056_1720_2020.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill) peserta didik namun, saat ini kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya soal yang dibuat guru belum bisa mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem koordinasi untuk peserta didik Kelas XI SMA/MA yang valid, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik dan kualitas option yang baik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Tahap desseminate tidak dilakukan. Pada tahap develop dilakukan uji validitas, praktikalitas, reliabilitas, tingkat kesukaran daya pembeda da kualitas item soal yang sudah dikembangkan. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi Sistem Koordinasi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Subjek penelitian ini yaitu validator yang terdiri dari tiga orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, satu orang guru di SMAN 3 Padang dan 34 orang siswa SMAN 3 Padang. Hasil uji validitas menunjukkan soal valid secara validitas logis dengan persentase 89,75%, kriteria sangat valid. Validitas empiris dengan soal yang valid yaitu 30 dari 50 soal dengan persentase tingkatan soal C4=48%, C5=8%, dan C6 4%. Praktikalitas dengan persentase 94,44%dan 82,11%, kriteria soal praktis, reliabilitas soal yaitu 89%, serta tingkat kesukaran soal antara 30% sampai 70% dengan kriteria sedang, serta soal memiliki daya beda yang baik dan kualitas option soal yang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi Sistem Koordinasi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang baik dan kualitas option yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:26
Last Modified: 23 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31222

Actions (login required)

View Item View Item