Pemetaan Jumlah Kasus Demam Berdarah Dengue Menurut Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Spasial

Zulasri, Helvi (2020) Pemetaan Jumlah Kasus Demam Berdarah Dengue Menurut Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Spasial. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_HELVI_ZULASRI_17037019_2567_2020.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan dari nyamuk Aedes spp. Penyakit DBD merupakan salah satu masalah kesehatan yang dihadapi oleh seluruh Negara di dunia. Hal ini dapat dilihat terjadinya peningkatan pada beberapa kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten/Kota yang mengalami kasus DBD paling banyak pada tahun 2019 yaitu Kota Padang sebesar 427 kasus terjadi, sedangkan untuk Kabupaten.Kota yang mengalami kasus DBD paling banyak terjadi di Kabupaten Dhamasraya yaitu sebesar 26 kasus (Kemenkes, 2020) Jenis penilitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelian terapan dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran jumlah kasus DBD dengan mempertimbangkan keterkaitan spasial dengan menggunakan Analisis Regresi Spasial.Data dan sumber data pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Barat Dalam Angka Tahun 2020.Variabel penelitian yang digunakan yaitu persentase kepemilikan jamban sehat, luas wilayah, persentase jumlah penduduk, kepadatan penduduk, persentase penduduk miskin dan tinggi wilayah. ̂ Hasil penelitian menggunakan Analisis Regresi Spasial memperoleh model regresi yaitu Model SAR di atas menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap persentase jumlah kasus DBD di Provinsi Sumatera Barat adalah persentase kepemilikan jamban sehat, persentase jumlah penduduk, kepadatan penduduk, persentase penduduk miskin dan tinggi wilayah.Faktor yang paling mempengaruhi persentase jumlah kasus DBD di Provinsi Sumatera Barat yaitu persentase jumlah penduduk (X3).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:26
Last Modified: 23 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31220

Actions (login required)

View Item View Item