Studi Literatur tentang Pengaruh Penerapan Model Talking Chips terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik SMA Sederajat

Harriansyah, Harriansyah (2020) Studi Literatur tentang Pengaruh Penerapan Model Talking Chips terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik SMA Sederajat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_HARRIANSYAH_16031054_2629_2020.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar peserta didik bisa disebabkan oleh rendahnya minat dan motivasi peserta didik saat proses pembelajaran serta penerapan model yang kurang bervariasi, sehingga peserta didik menjadi pasif dan malas didalam proses pembelajaran. Mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik. Satu cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang diterapkan pada penelitian ini adalah model Talking Chips.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Talking Chips terhadap kompetensi belajar peserta didik pada aspek sikap dan pengetahuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian teori dengan rancangan penelitian studi literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel publikasi ilmiah berupa jurnal berskala nasional di Indonesia tentang penggunaan model pembelajaran Talking Chips lima tahun terakhir. Sampel pada penelitian ini artikel publikasi ilmiah tentang penerapan strategi pembelajaran aktif dengan menggunakan beberapa kategori yaitu: artikel menggunakan penelitian eksperimen, artikel tingkat nasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan teknik studi literatur, didapatkan analisis data dari beberapa jurnal terkait yang menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi belajar peserta didik aspek sikap dan pengetahuan mengalami kenaikan saat menggunakan model pembelajaran Talking Chips. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Chips secara umum dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik SMA sederajat pada aspek pengetahuan berupa hasil belajar dan pemahaman konsep serta aspek sikap berupa peningkatan keaktifan belajar peserta didik dan kemampuan berbicara peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:26
Last Modified: 23 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31219

Actions (login required)

View Item View Item