Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Hamidah, Hamidah (2020) Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HAMIDAH_15029034_1630_2020.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan pada Sekolah Menengah Pertama yaitu peserta didik memiliki kemampuan penalaran yang baik. Namun, menurut hasil tes yang dilakukan di SMPN 2 Pariaman, ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan, peserta didik terbiasa mengerjakan soal sesuai dengan contoh soal yang diberikan dan pembelajaran yang digunakan kurang mampu meningkatkan kemampuan penalaran mereka. Jika kemampuan penalaran rendah, maka peserta didik akan kesulitan melakukan aktivitas yang membutuhkan kemampuan bernalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan LKPD berbasis pendekatan saintifik lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan LKPD berbasis pendekatan saintifik di kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy-eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan penalaran matematis. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik, diperoleh P-value = 0.003 kurang dari α = 0.05; artinya kemampuan penalaran matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan lembar kerja peserta didik berbasis pendekaan saintifik lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:26
Last Modified: 23 Apr 2021 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item View Item