Efektivitas Penggunaan Modul Ikatan Kimia Beroriantasi Chemistry Triangle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KelasX MIA

Hasanah, Dian (2021) Efektivitas Penggunaan Modul Ikatan Kimia Beroriantasi Chemistry Triangle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik KelasX MIA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DIAN_HASANAH_16035106_381_2020.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang efektif adalah bahan ajar yang dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif selama proses pembelajaran. Modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle telah diuji validitas dan praktikalitasnya, namun belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas penggunaan modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas X MIASMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment research) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan buku paket yang disediakan sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest-posttest berjumlah 25 soal yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Data yang diperoleh adalah data selisih nilai pretest-posttest peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji efektifitas (uji N­ gain), uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai N­gain kelas eksperimen yang belajar menggunakan modul adalah sebesar 0,79 dengan tingkat efektitivitas kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:52
Last Modified: 22 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31216

Actions (login required)

View Item View Item