Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep MatematikaPeserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kamang Magek

Fitri, Rezi Rahmi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep MatematikaPeserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kamang Magek. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_REZI_RAHMI_FITRI_15029111_630_2020.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPNegeri 2 Kamang Magek masih tergolong rendah, karena mereka belum berperan aktif dalam proses pembelajaran.Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukanadalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dan perbedaaan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kamang Magek yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. J enis penelitianadalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kamang Magek tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukandengan teknik Random Sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah VIII. I dan sebagai kelompok kontrol adalah VIII.2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh P - value = 0,039 kurang dari a = 0,05. Karena P - value < a maka H0ditolak, artinya pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Aktivitas peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square cenderung meningkat untuk setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:52
Last Modified: 22 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31211

Actions (login required)

View Item View Item