Pembuatan Bahan Ajar Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas untuk Kelas XI SMA

Hafizah, Yuli (2021) Pembuatan Bahan Ajar Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_YULI_HAFIZAH_15033048_906_2020.pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

Abad 21 menuntut seseorang untuk lebih banyak membaca dan menulis (literasi) agar dapat meningkatkan keterampilan seseorang dalam berpikir dan bertindak. Untuk itu, dalam Kurikulum 2013 revisi 201 7 Pemerintah mengintegrasikan literasi di dalam pembelajaran. Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Dengan adanya literasi, seseorang akan mampu mengidentifikasi, mencari, menemukan, mengevaluasi, dan memanfaatkan suatu informasi. Dari observasi yang dilakukan guru sudah mengintegrasikan literasi, hanya saja literasi yang dilakukan sebatas literasi dasar yaitu literasi tulis dan baca. Agar literasi terintegrasi dalam pembelajaran fisika maka dibutuhkan sarana penunjangnya. Salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar yang dibuat bermuatan literasi saintifik pada materi kalor dan teori kinetik gas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar bermuatan literasi saintifik pada materi kalor dan teori kinetik gas serta mengetahui validitas dari bahan ajar tersebut. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D). Langkah­ langkah penelitian dan pengembangan sesuai dengan pendapat Sugiyono. Objek penelitiannya adalah bahan ajar bermuatan literasi saintifik. Bahan ajar ini memuat informasi pendukung, lembar kerja (LK) dan evaluasi yang bermuatanliterasi saintifik pada materi Kalor dan Teori Kinetik Gas kelas XL Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar uji validasi untuk menentukan validitas produk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang digambarkan melalui grafik. Pembobotan dilakukan berdasarkan skala Likert. Berdasarkan basil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahan ajar bermuatan literasi saintifik pada materi kalor dan teori kinetik gas yang valid. Produk divalidasi oleh tenaga ahli yaitu Dosen Fisika Universitas Negeri Padang, dengan lembar uji validitas yang terdiri dari empat komponen penilaian. Komponen pertama, kelayakan isi dengan nilai rata­rata 84,52. Komponen kedua, penyajian dengan nilai rata­rata 95,00. Komponen ketiga adalah kebahasaan dengan nilai rata­rata 79,17. Komponen keempat yaitu kegrafisan dengan nilai rata­rata 83,33. Nilai dari keempat komponen dirata­ratakan sehingga diperoleh nilai validitas dari produk ini adalah 85,51 dengan kategori validitas sangat tinggi. Artinya bahan ajar bermuatan literasi saintifik pada materi kalor dan teori kinetik gas valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:52
Last Modified: 22 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31210

Actions (login required)

View Item View Item