Pemanfaatan Kulit Langsat (Lansium Domesticum) Sebagai Biosorben untuk Penyerapan Zat Warna Rhodamin B Dengan Metoda Batch

Adella, Fransiska (2020) Pemanfaatan Kulit Langsat (Lansium Domesticum) Sebagai Biosorben untuk Penyerapan Zat Warna Rhodamin B Dengan Metoda Batch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_FRANSISKA_ADELLA_16036075_1569_2020.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Rhodamin B merupakan salah satu zat warna yang sangat berbahaya karena bersifat karsinogenik dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Limbah rhodamin B kebanyakan berasal dari limbah pabrik industri tekstil, batik dan makanan. Biosorpsi merupakan metoda alternatif untuk mengurangi keberadaan zat warna pada larutan dengan menggunakan biomaterial yang sering disebut biosorben. Kulit langsat yang digunakan sebagai biosorben telah terbukti dapat mengikat ion zat warna dengan adanya gugus aktif seperti: amina, hidroksil, karbonil dan karboksil yang dapat membentuk kompleks dengan ion zat warnat. Penelitian ini menggunakan metoda batch dengan perlakuan variasi pH, konsentrasi larutan, ukuran partikel, waktu kontak dan kecepatan pengadukan. Hasil penelitian dari setiap variasi yang dilakukan didapat keadaan optimum terhadap penyerapan zat warna rhodamin B yaitu pada: pH 5, konsentrasi 100 mg/L, ukuran partikel 150 µm, waktu kontak 60 menit dan kecepatan pengadukan 150 rpm dengan kapasitas serapan sebesar 12,37 mg/g. Studi isoterm adsorpsi yang dilakukan, persamaan Langmuir menghasilkan nilai koefisien regresi yang mendekati satu (R2 = 0,918) sehingga dapat dikatakan lebih baik dengan kapasitas serapan maksimum sebesar 12,422 mg/g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:52
Last Modified: 22 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31209

Actions (login required)

View Item View Item