Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Kamal, Firmansyah Khairul (2020) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_FIRMANSYAH_KHAIRUL_KAMAL_16035095_2354_2020.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics-Project Based Learning) pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, mengungkapkan tingkat validitas LKPD dari segi kevalidan isi dan konstruk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Model ini terdiri dari dari empat tahap yaitu tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop, tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas isi dan konstruk.LKPD ini divalidasi oleh 5 orang validator diantaranya dosen kimia FMIPA UNP dan guru kimia yang terdiri dari beberapa SMA diantaranya SMAN 12 Padang, SMAN 6 Padang dan SMAN 2 Pariaman pada tahun ajaran 2020/2021.Data dianalisis dengan menggunakan nilai formula kappa cohen untuk validasi isi dan konstruk. Berdasarkan angket validitas yang telah dianalisis, disimpulkan bahwa LKPD terintegrasi STEM- PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit yang dihasilkan sudah valid dengan nilai momen kappa 0,86 dan kategori validitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:51
Last Modified: 22 Apr 2021 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item