Desain Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis EduparkMifan Waterpark Padang Panjang Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untukKelas XI SMA/MA

Andani, Febri Meri (2020) Desain Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis EduparkMifan Waterpark Padang Panjang Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untukKelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FEBRI_MERI_ANDANI_16033042_3451_2020.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Tuntutan era revolusi industri 4.0 terhadap proses pembelajaran yaitu dengan pemanfaatan teknologi secara maksimal. Hal tersebut berdampak pada penggunaan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar. Penggunaan bahan ajar tidak lagi dalam bentuk hard melainkan dalam bentuk soft file untuk mendukung pembelajaran daring saat ini. Bahan ajar digital interaktif berbasisEduparkyang terintegrasi dengan objek wisata Mifan Waterpark Padang Panjang merupakan pemanfaatan teknologi dibidang pendidikan. Pemanfaatan Edupark dapat membuat peserta didik tertarik untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar interatif Edupark untuk dikembangkan. Penelitaian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Design Research, menggunakan model Plomp. Prosedur penelitian model Plomp memiliki 3 tahap, yaitu preliminary research,prototyping phase dan assessment phase tetapi penelitian ini dibatasi sampai tahapprototyping phasesampai uji validitas. Instrumen pengumpulan data pada penelitaian ini adalah instumen uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Berdasarkan anlisis data yang telah dilakukan pada tahap validasi dengan 4 aspek yaitu kelayakan materi, kelayakan penyajian, kelayakan tampilan dan kelayakan bahasa. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu nilai kevalidan pada aspek kelayakan materi 79,17 dengan kategori valid, nilai aspek kelayakan penyajian 97,11 dengan kategori sangat valid, nilai aspek kelayakan tampilan 98,68 dengan kategori sangat valid dan nilai aspek kelayakan bahasa 80 dengan kategori sangat valid. Sehingga kelayakan bahan ajar digital interaktif berbasis EduparkMifan Waterparkini dengan nilai rata-rata 88,74 dengan kategori sangat valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital interaktif berbasisEduparkMifan Waterpark dapat digunakan sebagai sumber belajar yang valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:51
Last Modified: 22 Apr 2021 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31201

Actions (login required)

View Item View Item