Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Raenon, Raenon (2020) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAENON_16016023_2983_2020.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, mendeskripsikan nilai pendidikan karakter paling dominan muncul dan nilai pendidikan karakter paling sedikit ditemukan dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, dan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran teks novel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata, frasa, kalimat, dan wacana yang menampilkan peristiwa-peristiwa dan tokoh-tokoh yang mengindikasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Sumber data dalam penelitian adalah novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, menginterpretasi dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Teknik penganalisisan data yaitu, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, mengklasifikasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, menginterpretasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, dan menyimpulkan temuan kemudian menulis laporan. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik uraian rinci. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang dominan di dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, yaitu nilai pendidikan karakter religius sebanyak 67 data dan nilai pendidikan karakter paling sedikit ditemukan, yaitu nilai pendidikan karakter tanggung jawab dengan temuan satu data. Kemudian, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan terhadap novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter terlihat pada ucapan, tindakan, dan sikap tokoh dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi yang meliputi nilai religius, jujur, disiplin, toleransi, rasa ingin tahu, demokrasi, cinta tanah air, peduli sosial, peduli lingkungan, gemar membaca, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, mandiri, bekerja keras, cinta damai, kreatif, semangat kebangsaan, dan menghargai prestasi. KATA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:51
Last Modified: 22 Apr 2021 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31195

Actions (login required)

View Item View Item