Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Peserta Didik

Landysa, Faren (2020) Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_FAREN_LANDYSA_16031040_2747_2020 (2).pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru, peserta didik tidak terlibat aktif dan tidak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi namun dalam pelaksanaannya peserta didik tidak memahami langkah kegiatan metode yang digunakan. Pada saat pembelajaran banyak peserta didik yang mengombrol dan melakukan kegiatan diluar kegiatan belajar. Peserta didik tidak konsentrasi mendengarkan penjelasan guru dan tidak adanya kerjasama peserta didik dengan peserta didik lainnya. Sehingga rendahnya kompetensi belajar IPA peserta didik baik dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Model pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir, berbicara dan menulis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kompetensi pengetahuan IPA peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan cara review beberapa jurnal yang berskala nasional di Indonesia. Jurnal yang digunakan adalah jurnal yang memiliki ISSN sebanyak 5 jurnal. Hasil yang didapatkan dari review jurnal adalah terdapat kolerasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writeterhadap hasil belajar IPA peserta didik. Hal ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan Daha (2018), Sari (2017), Hulu (2019), Fitriana (2017), Erlija (2018) yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writeberbantuan media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:50
Last Modified: 22 Apr 2021 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31192

Actions (login required)

View Item View Item