Pengembangan Komik Kimia sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Untuk Kelas X SMA

Novianti, Exsa Rahmah (2020) Pengembangan Komik Kimia sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_EXSA_RAHMAH_NOVIANTI_ 16035109_2026_2020.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dipelajari pada semester genap di kelas X SMA. Siswa tidak hanya menghafal dan memahami konsep tapi juga mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk memahami materi ini diperlukan media pembelajaran alternatif yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep dengan baik. Salah satu media yang digunakan adalah komik kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa komik kimia pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk SMA kelas X dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari media yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangam yang digunakan adalah model 4-D (Four D Models) yang terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu Define (pendefenisian), Design (perencanaan), Develop (perencanaan) dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari media komik kimia yang dikembangkan. Media komik kimia divalidasi oleh dua orang dosen Kimia dan dua orang guru Kimia SMA. Penentuan tingkat praktikalitas media komik kimia dilakukan oleh tiga orang guru Kimia SMA dan 27 orang siswa kelas X MIPA 1 SMA yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Hasil analisis angket validitas diperoleh tingkat kevalidan media sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,85. Sementara hasil analisis kepraktisan berdasarkan angket respon guru dan siswa mendapatkan nilai momen kappa masing-masing sebesar 0,93 dan 0,88, dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komik kimia yang dibuat dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk kelas X SMA serta memiliki kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:17
Last Modified: 21 Apr 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31188

Actions (login required)

View Item View Item