Nilai-nilai Religius Islam dalam Konteks Pendidikan Karakter pada Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Aprila, Pegi Suci (2020) Nilai-nilai Religius Islam dalam Konteks Pendidikan Karakter pada Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_PEGI_SUCI_APRILA_16016113_2697_2020.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius Islam yang berhubungan dengan nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak yang ditemukan pada satuan peristiwa dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. pengumpulan data dilakukan dengan (1) pengidentifikasian data tokoh-tokoh dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, (2) pengidentifikasian data satuan-satuan peristiwa dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, dan (3) pengidentifikasian data nilai religius Islam para tokoh dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) perpanjangan masa pengamatan, dengan cara mengulang-ulang pengamatan dan (2) peningkatan kecermatan dalam pengamatan, dengan cara mengulang dan mencermati hasil pengidentifikasian dengan data dalam novel. Penganalisisan data dilakukan dengan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hal-hal berikut. (1) Nilai�nilai religius Islam yang terkandung dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata adalah (a) nilai akidah, seperti iman kepada kitab Allah, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qada dan qadar. (b) nilai syariah, seperti berdoa kepada Allah, shalat, pernikahan, dan berpakaian, (c) nilai akhlak, seperti akhlak kepada Allah, akhlak kepada keluarga, akhlak kepada diri sendiri, dan akhlak kepada orang lain: (2) Nilai-nilai religius yang yang tergambar pada tuturan dan perilaku tokoh adalah (a) tuturan tokoh dan tuturan narator, (b) perilaku tokoh terhadap Allah, seperti bersyukur dan berserah diri kepada Allah; perilaku tokoh terhadap keluarga, seperti berbakti kepada orangtua dan mendidik anak; perilaku tokoh terhadap diri sendiri, seperti menjaga diri, sabar dan ikhlas; perilaku tokoh terhadap orang lain seperti mengucapkan salam dan berbuat baik kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:17
Last Modified: 21 Apr 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item