Pengaruh Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Bermuatan Literasi Baru Tema Kesehatan Pernapasan dan Ekskresi Terhadap Kompetensi Siswa SMPN 25 Padang

Kurniawati, Erna Indah (2020) Pengaruh Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Bermuatan Literasi Baru Tema Kesehatan Pernapasan dan Ekskresi Terhadap Kompetensi Siswa SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_ERNA_INDAH_KURNIAWATI_16231019_1701_2020.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Abad 21 merupakan abad yang memiliki kemajuan dalam peradaban dan perkembangan teknologi. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar tuntutan pada abad 21 terpenuhi yaitu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi utuh dan kemampuan literasi yang dapat dibentuk melalui jalur pendidikan. Pada kurikulum 2013, pembelajaran IPA dilaksanakan berbasis keterpaduan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Keterpaduan ini memuat beberapa bidang kajian ilmu seperti Fisika, Biologi, dan Kimia. Namun, kondisi nyata di sekolah menunjukkan bahwa keterpaduan materi dalam LKS dan integrasi literasi yang diterapkan berada pada kategori rendah. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan LKS IPA terpadu bermuatan literasi baru tema kesehatan pernapasan dan ekskresi. Lembar Kerja Siswa ini merupakan salah satu produk penelitian yang dibuat oleh Asrizal (2019) dengan nilai validitas 87,04. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh LKS IPA terpadu bermuatan literasi baru tema kesehatan pernapasan dan ekskresi terhadap kompetensi siswa SMPN 25 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah randomized control group posttest only design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 25 Padang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk aspek sikap, aspek pengetahuan menggunakan lembar tes tertulis, dan aspek keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan lembar penilaian kinerja. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan data untuk aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan berpikir kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan LKS IPA terpadu bermuatan literasi baru tema kesehatan pernapasan dan ekskresi memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berpikir siswa kelas VIII SMPN 25 Padang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS IPA terpadu bermuatan literasi baru tema kesehatan pernapasan dan ekskresi efektif diterapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:17
Last Modified: 21 Apr 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31183

Actions (login required)

View Item View Item