Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Pada Materi Termodinamika Dan Gelombang Mekanik Kelas XI SMA/MA

Memori, Elsa Okta (2020) Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Pada Materi Termodinamika Dan Gelombang Mekanik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ELSA_OKTA_MEMORI_15033103_1688_2020.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus di kuasai seseorang, sehingga diharapkan pendidikan dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang sukses dalam hidup dan berkualitas dalam segala usaha untuk dapat bersaing menghadapi era globalisasi.Untuk mencapai tuntutan pendidikan di abad 21 maka dilakukan perubahan kurikulum menjadi kurikulum 2013 revisi 2017. Kurikulum 2013revisi 2017mengharuskanpembelajaranfisikadilaksanakansecaralengkapdanbaikdenganmenggunakanberbagaisumberbelajar.Kenyataandi sekolahpembelajaranfisikabelumterlaksanadenganbaik, siswalebihmemahami materi pembelajaran pada saat guru menggunakan metode ceramah, penggunaan LKS diterapkanuntukbeberapa sub materipadasaatmelakukaneksperimen, LKS yang digunakanbelumbebasis problem solving danketerampilan 4C. Salah satusolusidaripermasalahaniniadalahmembuat LKSberbasis problem solving dalam meningkatkan keterampilan 4C.Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS berbasis problem solving yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini termasukkedalamjenisResearch and Development (R&D). Prosedurpenelitianiniterdiridaripotensimasalah, pengumpulan data, desainproduk, validasidesain, revisidesain, ujicobaproduk, revisiproduk, ujicobapemakaian, revisiprodukdanprodukmassal.Padapenelitianinihanyadibatasisampaitahapujicobaprodukdanrevisiproduk. Alat untuk mengumpulkan data adalah lembar validitasdaritenagaahlidan lembar praktikalitas dari guru matapelajaranfisika, sertalembar praktikalitas darisiswakelas XISMAN 13 Padang.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifuntukvalidasidankepratisanproduk. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan terdapat dua hasil penelitian. Pertama nilai rata-rata validasi LKS berbasisproblem solvinguntukmeningkatkanketerampilan 4C padameteritermodinamikadangelombangmekanik adalah 83,3 dengan kategori sangat valid. Kedua, penggunaan lembar kerja siswa berbasis problem solving ialah sangat praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan menurut guru adalah 87,7 dan 82,9 menurut siswa. Secara keseluruhan LKS berbasis problem solving untukmeningkatkanketerampilan 4C padamateritermodinamikadangelombangmekanik berada pada tingkat kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran fisika SMA kelas XI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:17
Last Modified: 21 Apr 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item