Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perceraian dalam Rumah Tangga di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Padang Menggunakan Analisis Regresi Probit

Dahrizal, Diza (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perceraian dalam Rumah Tangga di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Padang Menggunakan Analisis Regresi Probit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DIZA_DAHRIZAL_16037012_1704_2020.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Perceraian merupakan lepasnya ikatan perkawinan antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami dan istri yang dilakukan didepan sidang pengadilan. Kota Padang memiliki kasus perceraian tertinggi di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk model regresi probit pada faktor-faktor yang mempengaruhi perceraian dalam rumah tangga, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perceraian dalam rumah tangga, dan peluang dari faktor-faktor yang mempengaruhi perceraian dalam rumah tangga di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari buku permohonan registrasi perceraian pada tahun 2018 di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Padang. Pada penelitian ini pencetus terjadinya perceraian yang digunakan sebanyak 5 permasalahan dengan kasus terbanyak dari 13 permasalahan yang ada, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 1237 kasus perceraian. Pada penelitian ini yang menjadi variabel responnya (Y) yaitu permohonan cerai dan variabel bebasnya (X) terdiri dari usia istri, usia suami, pendidikan istri, pendidikan suami dan pencetus masalah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model regresi probit terbaik yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi perceraian dalam rumah tangga di Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Padang pada tahun 2018 adalah: Φ^(-1)(Pi) = -0,77 + 0,11 X5 Dari model tersebut diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi perceraian dalam rumah tangga secara signifikan adalah pencetus masalah (X5). Peluang tertinggi dari faktor- faktor yang mempengaruhi perceraian dalam rumah tangga adalah pencetus masalah dengan permasalahan ekonomi yang memiliki peluang sebesar 37,07%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:17
Last Modified: 21 Apr 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31177

Actions (login required)

View Item View Item