Pemetaan Karakteristik Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2019 Menggunakan Analisis Multidimensional Scaling

Wulandari S, Dini (2020) Pemetaan Karakteristik Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2019 Menggunakan Analisis Multidimensional Scaling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Dini_Wulandari_S_17037011_2566_2020.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan rakyat adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya. banyak faktor yang mempengaruhi kesejahteraan rakyat yang dikaji dalam beberapa bidang yang menjadi acuan dalam upaya peningkatan kualitas hidup. Oleh karena itu diperlukan indikator-indikator kesejahteraan rakyat sebagai perbaikan kesejahteraan bagi rakyat. Penyelenggaraan indikator kesejahteraan rakyat diprioritaskan agar mereka yang memiliki kehidupan tidak layak secara kemanusiaan dilihat dari kriteria masalah sosial seperti kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindak kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi bisa teratasi. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang diawali dengan mempelajari dan menganalisis teori-teori yang relevan dengan permasalahan kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebasnya adalah jumlah penduduk (jiwa), kepadatan penduduk per 〖km〗^2, persentase angka harapan hidup, persentase rata-rata lama sekolah, persentase harapan lama sekolah, pengeluaran Perkapita (ribuan), persentase tingkat pengangguran tebuka (TPT), persentase tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK), dan persentase penduduk miskin. Analisis yang digunakan yaitu analisis Multidimensional Scaling, dimana objek penelitian yang digunakan yaitu 19 kabupaten kota di provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian menggunakan analisis multidimensional scaling diperoleh 3 pengelompokan kabupaten kota berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat. Kabupaten kota yang perlu diperhatikan indikator kesejahteraan rakyatnya adalah kabupaten Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Solok, Pasaman, Sijunjung, Lima Puluh Kota, Solok Selatan dan Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:16
Last Modified: 21 Apr 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31175

Actions (login required)

View Item View Item