Deskripsi Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Modul Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Kimia

Safitri, Diana (2020) Deskripsi Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Modul Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_DIANA_SAFITRI_16035007_2437_2020.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Modul inkuiri terbimbing sesuai dengan tuntutan pembelajaran pada kurikulum 2013 revisi 2018 yang menuntut adanya bahan ajar yang mangikutsertakan peserta didik untuk mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan modul inkuiri terbimbing pada pembelajaran kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan semi-sistematis. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa jurnal ilmiah bereputasi yang didapat dari hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Tinjauan literatur ini menggunakan beberapa langkah yaitu mendesain review, melakukan tinjauan, analisis dan menulis ulasan (Snyder, 2019). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil review dan analisis data dapat dideskripsikan bahwa penggunaan modul inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran kimia. Penggunaan modul inkuiri terbimbing berpusat kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat membangun konsep sendiri dan aktif dalam pembelajaran. Tahapan modul inkuiri terbimbing sama dengan tahapan model inkuiri terbimbing yaitu orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi dan penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:16
Last Modified: 21 Apr 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31173

Actions (login required)

View Item View Item