Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Penemuan Terbimbing dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMAN.

Fikriah, Elika (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Penemuan Terbimbing dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMAN. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ELIKA_FIKRIAH_18205006_4301_2020.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah bertujuan untuk meningkatkan daya analitis peserta didik dalam mengambil keputusan sehingga membantu pembentukan persepsi peserta didik dengan cara melihat matematika sebagai bagian terintegrasi dalam kehidupan, namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah peserta didik belum optimal, salah satu penyebabnya adalah belum tersedianya perangkat pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Model penemuan terbimbing Dengan Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika kelas XI SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu, preliminary, prototyping dan assesment. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 2 Pulau Punjung . Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa Indonesia. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap pelaksanaan pembelajaran, angket peserta didik dan guru. Kefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model penemuan terbimbing dengan berbantuan geogebra yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran juga telah efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model penemuan terbimbing dengan berbantuan geogebra kelas XI Semester II yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:16
Last Modified: 21 Apr 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31172

Actions (login required)

View Item View Item