Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Batu Nago di Desa Anakan Kenagarian Koto Nan Duo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Sonia Permata (2021) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Batu Nago di Desa Anakan Kenagarian Koto Nan Duo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SONIA_PERMATA_SARI_17017050_400_2021.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda Batu Nago di Desa Anakan Kenagarian Koto Nan Duo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan; (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Batu Nago di Desa Anakan Kenagarian Koto Nan Duo IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini merupakan cerita rakyat legenda Batu Nago di Desa Anakan Kenagarian Koto Nan Duo IV Koto Hilie Kecamatan Ba tang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan.Data dikumpulkan dari informan melalui teknik wawancara, observasi, dan perekaman hasil wawancara dengan informan. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap: (1) tahap deskripsi data; (2) mengklasifikasi/analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data; (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa hal. (1) struktur cerita rakyat legenda Batu Nago meliputi: (a) penokohan, yaitu tokoh utama yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Batu Nago adalah ular besar (nago) dan Sigulambai ( orang bunian), (b) latar, dalam cerita rakyat legenda Batu Nago meliputi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana; ( c )alur/plot, yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Batu Nago memiliki beberapa tahapyaitu tahap awal, tengah, dan akhir; ( d) amanat yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Batu Nago yaitu; dalam mengambil keputusan hams memikirkan dahulu apa akibatnya jangan sampai merugikan orang lain karena ulah kita sendiri, sabar dalam menghadapi segala hal yang menimpa pada diri kita, saling melindungi walaupun apapun yang akan terjadi. (2) fungsi sosial yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Batu Nago adalah sebagai mewariskan tradisi lisan, mendidik, kontrol sosial, dan identitas kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:15
Last Modified: 21 Apr 2021 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31165

Actions (login required)

View Item View Item