Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Lullaby Manjujai Anak Masyarakat Kampuang Tabek Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok

Asifa, Lilia Zahra (2021) Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Lullaby Manjujai Anak Masyarakat Kampuang Tabek Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_LILIA_ZAHRA_ASIFATA_17017042_995_2021.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur nyanyian rakyat lullaby Manjujai Anak di Kampuang Tabek Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok, (2) fungsi sosial nyanyian rakyat lullaby Manjujai Anak di Kampuang Tabek Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa nyanyian rakyat lullaby Manjujai Anak di Kampuang Tabek yang akan dianalisis berupa struktur dan fungsi sosial nyanyian rakyat tersebut. Inventarisasi data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu (1) studi kepustakaan, (2) studi lapangan, (3) wawancara. Selanjutnya data yang telah diinventarisasi, diklasifikasikan dan dianalisis berdasarkan teori kajian stuktur puisi dan fungsi sosial folklor sebagaimana yang digunakan oleh Waluyo (1987), Hasanuddin WS (2002), dan Danandjaja (1991). Kemudian hasil analisis dilaporkan dalam bentuk laporan hasil penelitian berupa skripsi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut. Pertama, struktur teks nyanyian rakyat lullaby Manjujai Anak di Kampuang Tabek Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok meliputi: (1) Struktur fisik diantaranya (a) tata wajah (tipografi) yang terdiri dari lima puluh dua baris dengan dominan empat kata dalam satu baris dan lima belas bait dengan dominan empat baris dalam satu bait; (b) pemakaian diksi bersinonim yang tepat; (c) citraan yang dimiliki yakni citraan penglihatan, pendengaran, rasaan, dan gerak; (d) kata-kata yang dikonkretkan; (e) bahasa figuratif berupa penggunaan majas hiperbola; (f) rima, yakni kakafoni dan efoni, aliterasi dan asonansi, serta anafora dan epifora. (2) struktur batin diantaranya (a) tema yang terdapat dalam teks nyanyian Manjujai Anak adalah tema kemanusiaan, adat, dan agama; (b) rasa, perasaan pelantun yang diekspresikan berupa syukur, cinta kasih, dan senang; (c) nada, sikap pelantun terhadap pendengamya berupa memerintah, memberitahu, dan menggurui/menasehati; (d) amanat teks nyanyian rakyat lullaby Manjujai Anak adalah senantiasalah bersyukur atas pemberian Allah Swt. dengan cara berpegang teguh kepada adat dan agama. Kedua, fungsi sosial yang ditemukan dalam teks nyanyian Manjujai Anak adalah sebagai sistem proyeksi, alat pendidikan anak, fungsi rekreatif, serta pewarisan tradisi lisan. Hasil penelitian ini dapat mencerminkan falsafah hidup, persepsi, dan perilaku sosial masyarakat Kampuang Tabek, sehingga penelitian ini penting untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:14
Last Modified: 21 Apr 2021 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31163

Actions (login required)

View Item View Item