Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP N 31 Padang

Ratnasari, Dessy (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP N 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DESSY_RATNASARI_1205659_1660_2020.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan keahlian tertentu kepada individu untuk mengembangkan bakat serta kemampuan mereka. IPA merupakan cabang ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan, karena menuntut siswa berfikir dan memiliki sikap ilmiah yang teratur dan sistematis. Namun pencapaian hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa yang belum optimal disebabkan karena siswa kurang dilibatkan dalam mendapatkan konsep pembelajaran IPA. Disamping itu penggunaan model yang dipakai dalam belajar masih belum beragam dan belum menggunakan media sepenuhnya. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Inkuiri tipe pictorial riddle berbantuan media pembelajaran interaktif sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi kebosanan siswa dalam PBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Berbantuan Media Interaktif Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas VIII SMP N 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah “quasi eksperiment” dengan desain penelitian “randomized control group pretest-posttest design”. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII 1– VIII 5 yang diajar oleh guru yang sama dengan jumlah jam yang sama di SMP N 31 Padang yang terdaftar pada tahun 2019/2020. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik purposive sampling. Data penelitian adalah data hasil belajar siswa untuk kompetensi pengetahuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis untuk mengukur kompetensi pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar IPA untuk kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen 72,41 dan kelas kontrol 65,98. Dengan melakukan uji kesamaan dua rata-rata, diperoleh nilai th = 3,51 dengan tt = 2,00 (pada p = 5%). Dari hasil diatas ternyata harga th>tt dan hipotesis (Hi) diterima. Oleh sebab itu terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan model pembelajaran Inkuiri tipe pictorial riddle berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP N 31 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:14
Last Modified: 21 Apr 2021 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31161

Actions (login required)

View Item View Item