Pengaruh Penerapan Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Dan Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak Parabola Dan Gerak Melingkar Di Kelas X SMAN 8 Padang

Illahi, Wahyumin Kurnia (2021) Pengaruh Penerapan Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Dan Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak Parabola Dan Gerak Melingkar Di Kelas X SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_WAHYUMIN_KURNIA_ILLAHI_1301621_283_2020.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran Fisika siswa belum sesuai dengan yang diharapkan, disebabkan karena penguasaan siswa terhadap materi Fisika masih kurang. Disamping itu model pembelajaran yang digunakan masih belum bervariasi dan bahan ajar belum sepenuhnya digunakan. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Buku Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Buku Ajar bermuatan kecerdasan komprehensif dan Model Problem Based Learning pada materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar di kelas X SMAN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pre­expertal design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIP A SMAN 8Padang yang terdaftar pada tahun 2019/2020. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIP A 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIP A 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hanya kompetensi pengetahuan. Instrumen penelitian berupa soal pre test dan post test untuk mengukur kompetensi pengetahuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t), uji regresi linier sederhana, dan uji korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi pengetahuan. Dari analisis data dapat dikemukakan bahwa penggunaan buku ajar bermuatan kecerdasan komprehensif memberikan perbedaan yang berarti pada kompetensi pengetahuan peserta didik pada taraf nyata 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:14
Last Modified: 21 Apr 2021 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31160

Actions (login required)

View Item View Item