Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Ranah Pesisir

Sukmadani, Debby Maulina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_DEBBY_MAULINA_SUKMADANI_16035059_1566_2020.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Karakteristik materi hidrolisis garam adalah teori, praktikum, dan perhitungan pH larutan garam. Hasil belajar hidrolisis garam di SMAN 1 Ranah Pesisir masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar hidrolisis garam adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model PBL mengorientasi peserta didik terhadap permasalahan nyata di awal pembelajaran, pemberian pembelajaran bermakna, dan melatih peserta didik dalam menghubungkan antarkonsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ranah Pesisir tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan model penelitian randomized control group posttest only design.. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ranah Pesisir tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang didapatkan melalui teknik random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan berupa pemberian tes pilihan berganda kepada peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis uji normalitas, homogenitas, dan pengujian menggunakan uj t. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 83 dan kelas kontrol sebesar 70,38. Uji hipotesis dilakukan pada taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 5,2 dan dk 56 dengan nilai ttabel sebesar 2,66651. Nilai ttabel < thitung menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:23
Last Modified: 20 Apr 2021 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31158

Actions (login required)

View Item View Item