Ananda, Novebria (2021) Analisis Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Solak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_NOVEBRIA_ANANDA_1300840_743_2021.pdf Download (825kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solak. Kedua, mendeskripsikan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif Latar penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Solak, tepatnya di kelas VII.2. Data dalam penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solak. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solak yang ditulis oleh siswa kelas VII.2 berjumlah dua puluh teks. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dua hal. Pertama, pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solak ditemukan tiga struktur teks laporan hasil observasi, yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan. Dari dua puluh teks laporan hasil observasi yang dianalisis, ditemukan lima belas teks laporan hasil observasi sudah memiliki struktur definisi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan dan lima teks lainnya tidak memilki struktur teks laporan hasil observasi dengan lengkap. Kedua, pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solak, umumnya siswa sudah menggunakan keempat ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. Keempat ciri kebahasaan tersebut, yaitu pronomina, konjungsi, kalimat definisi, dan repetisi. Hal tersebut terbukti dari dua puluh teks yang telah dianalisis ditemukan empat belas teks telah menggunakan keempat ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi secara lengkap dan tujuhteks lainnya belum menggunakan ciri kebahasaan dengan lengkap. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa struktur dan ciri kebahasaan pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Solak sudah baik. Hal tersebut dapat dilihat dari dua puluh teks laporan hasil observasi yang dianalisis, lima belas teks laporan hasil observasi sudah memiliki struktur yang lengkap dan dari dua puluh teks laporan hasil observasi yang dianalisis, empat belas teks telah menggunakan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan lengkap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 01:23 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 01:23 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31156 |
Actions (login required)
View Item |