Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA

Marnesya, Carelin Anggun (2020) Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Koloid Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_CARELIN_ANGGUN_MARNESYA_16035086_2022_2020.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Telah tersedia modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing-prompting yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing-prompting terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 3 Batusangkar. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian R & D. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment research) dengan desain randomized control group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing-prompting sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan modul yang disediakan sekolah. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji efektivitas (uji N-Gain), uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Dari analisis data dapat diungkapkan bahwa nilai N-gain kelas eksperimen yang belajar dengan modul probing prompting adalah sebesar 0,96 dengan tingkat efektivitas kategori tinggi dan kelas kontrol yang belajar tanpa menggunakan modul probing prompting dengan nilai 0,71 dengan tingkat efektivitas kategori tinggi. Setelah dilakukan uji t pada taraf nyata 0,05 didapatakan bahwa harga thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang tidak menggunakan modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:22
Last Modified: 20 Apr 2021 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31154

Actions (login required)

View Item View Item